Isra Mi'raj di Kampus

Isra Mi'raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Dan disitulah terjadinya pengurangan jumlah rakaat shalat yang dulunya kalau tidak salah lebih dari lima puluh waktu shalat dalam sehari.

Dalam Isra, Nabi Muhammad SAW diberangkatkan oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga ke Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi'raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu.

Itulah keterangan singkat mengenai Isra dan Mi'raj yang aku ketahui. Namun sebagai penganut Islam yang baik, aku harus terus mengingat peristiwa ini. Karena ini merupakan peristiwa yang berharga bagi umat Islam yang tidak akan terlupakan sejarahnya. Sebab disinilah peristiwa kewajiban shalat lima waktu mulai diberlakukan.

Jika telah tiba tanggal Isra Mi'raj yang tercantum di kalender, maka sudah menjadi kebiasaan seluruh umat Islam khususnya di Indonesi untuk senantiasa memperingati peristiwa ini. Mulai dari kegiatan ceramah, perlombaan Islami, nasyid dan lainnya. Tak terkecuali di kampus ku.

Hmm, inilah acara yang sudah ku tunggu-tunggu sejak pertama kali menginjakkan kaki di kampus tersebut pada tahun 2009. Di kampus ku juga sudah ada organisasi terkait yakni KMI (Keluarga Mahasiswa Islam) Mikroskil. Walau aku tidak terlibat di organisasi tersebut, tapi aku selalu mengharapkan mereka bisa mengadakan perhelatan-perhelatan ke agamaan di kampus guna meningkatkan ukhuwah persaudaraan antar sesama pelajar muslim di kampus.

Tapi, berkat pelaksanaan peringatan Isra Mi'raj di kampus yang dilaksanakan hari sabtu ini. Aku jadi merasa puas dengan kinerja KMI. Ustad yang mengisi ceramah pun cukup memuaskan dan juga beberapa hiburan yang di sajikan sangat menarik. Cuma sayang, pengeras suara/sound system nya kurang bagus. Terlalu bising dan juga mendengung/ceking. Dan yang penting mereka bisa juga menggelar perhelatan Islam ini di kampus.
Semoga untuk kedepannya mereka bisa lebih di tingkatkan lagi mengadakan acara seperti ini di kampus.
Amin ya Allah....

sumber gambar : http://contohnaskah.com/
definisi isra mi'raj : http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar untuk “Isra Mi'raj di Kampus”

Posting Komentar