Buang Sampah Pada Tempatnya

Sampah, sampah dan sampah......!
Yah, itulah salah satu material sisa yang tidak bisa digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama. Sampah tidak terlepas dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik itu di rumah, di lingkungan masyarakat, sarana umum dan juga di tempat lain. Sampah biasanya berasal dari manusia dan juga alam.
Biasanya sampah yang dihasilkan manusia berasal dari aktivitas keseharian yang memungkinkan timbulnya material baru yang tidak digunakan lagi lalu menjadi sampah. Sedangkan sampah dari alam merupakan dedaunan yang berjatuhan dari pohonnya serta ranting-ranting pohon yang patah dan jatuh kebawah. Tetapi biasanya sampah yang berasal dari alam dapat terurai kembali menjadi tanah melalui proses daur ulang alami karena sifatnya yang organik (bisa terurai). Untuk sampah yang bersifat anorganik (tidak terurai) membutuhkan jangka waktu yang sangat lama agar bisa terurai dengan tanah dan biasanya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti sampah plastik, sampah kertas, sampah kaleng dan sebagainya. Dan untuk jenis sampah seperti ini bisa di daur ulang untuk menghasilkan material baru yang bermanfaat.

Namun yang menjadi permasalahan sekarang ini adalah bagaimana caranya agar sampah-sampah ini bisa berada pada tempatnya sehingga bisa di kelola dengan mudah dan tidak menimbulkan dampak pencemaran lingkungan yang sekarang ini sering terjadi khususnya di Indonesia. Banjir yang kerap melanda wilayah-wilayah pemukiman di Indonesia khususnya ibu kota Jakarta. Tak lain disebabkan oleh pencemaran sampah yang ada di parit, sungai, dan kali. Sehingga terjadi penyumbatan aliran air akibat sampah yang menumpuk dan terjadilah banjir. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran manusia itu sendiri dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Dengan membiasakan diri untuk mem-Buang Sampah pada Tempatnya maka bencana musiman seperti ini mudah-mudahan tidak akan terulang lagi kedepannya.

Marilah mulai dari sekarang kita menjaga lingkungan sendiri yang diawali dengan kebiasaan Buang Sampah pada Tempatnya, mendaur ulang sampah yang tidak terpakai untuk menciptakan suatu material baru yang bermanfaat, memilah sampah organik dan anorganik dalam tempat yang berbeda. Maka alam pun akan tersenyum melihat tingkah kita yang senantiasa menjaga lingkungannya agar tetap bersih, nyaman, dan indah.

Tanamkan kebiasaan ini mulai dari sekarang dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersihan bagi kehidupan kita sehari-hari. Tidak lagi membuang sampah pada sembarang tempat, mendaur ulang sampah anorganik, dan bersikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
Ayo, Buang Sampah pada Tempatnya.....


.:: go green ilmamsyah ::. :)

sumber gambar : 
http://www.economiesolidaire.com

Tidak ada komentar untuk “Buang Sampah Pada Tempatnya”

Posting Komentar