go green ilmamsyah (ggi)

Harimau Sumatera Tak Lagi Bertaring



"Si Belang" nama tokoh yang banyak terdapat di dalam buku cerita binatang ketika saya kecil. Binatang ini dijuluki “Si Belang” seperti itu karena tubuhnya yang belang, memiliki loreng kuning hitam dari mulai kepala hingga ekornya.  Kisah Harimau selalu menjadi kisah yang mampu menggambarkan hewan liar yang perkasa, penguasa hutan, ditakuti oleh semua makhluk hutan lainnya, tak hanya itu manusia pun bergidik dibuatnya. Harimau atau macan punya banyak nama, punya banyak cerita.

Kali ini saya ingin bercerita Harimau asal Sumatera (Panthera tigris sumatrae), disinyalir hewan ini adalah satu-satunya subjenis harimau yang tersisa di tanah air. Kerabat dekatnya yaitu Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dan Harimau Bali (Panthera tigris balica) diduga sudah punah akibat kehilangan tempat hidup.

Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap diantara semua subspesies harimau lainnya. Belang harimau sumatera lebih tipis daripada subspesies harimau lain. Subspesies ini juga punya lebih banyak janggut serta surai dibandingkan subspesies lain, terutama harimau jantan. Terdapat selaput di sela-sela jarinya yang menjadikan mereka mampu berenang. (1)
Dari sisi konservasi harimau, statusnya cukup menarik perhatian. Termasuk jenis yang terancam kepunahan (IUCN), Appendix I (CITES), dan merupakan jenis yang dilindungi dan spesies prioritas menurut Kementerian Kehutanan.

Habitat Harimau Sumatera adalah tipe lokasi yang memiliki ketinggian 0 – 3000 meter dari permukaan laut seperti hutan hujan tropis, hutan primer dan sekunder pada dataran rendah sampai dataran tinggi, selain itu juga banyak harimau ditemui di areal hutan gambut. Harimau Sumatera dapat bertahan hidup dengan daya dukung lingkungan seperti habitat dengan kualitas baik, tutupan hutan yang utuh, terdapat sumber air, dan tersedianya jumlah mangsa yang cukup.
Sampai dengan pertengahan tahun 2005....

selengkapnya di :
Harimau Sumatera Tak Lagi Bertaring | Greenpeace Indonesia

Tidak ada komentar untuk “go green ilmamsyah (ggi)”

Posting Komentar