ilmu

Jumat, 4 April 2012
Inilah hari yang membuat saya memahami akan pentingnya ilmu didalam kehidupan sehari-hari. Ilmu tidak hanya berfokus di dunia saja tetapi juga untuk di akhirat. Ilmu juga sebagai bekal hidup masa depan saya khususnya khalayak umat manusia di jagat raya ini.
Dengan ilmu seseorang dapat dengan mudah menjalani hidup yang senantiasa memiliki pengetahuan dan juga sebagai jembatan memperoleh kesuksesan.
Hari ini saya menelusuri beberapa website/situs terkait mengenai defini ilmu yang saya peroleh dari :
http://id.shvoong.com/
hasil kutipan yang saya ambil adalah,

"Menurut 4 ahli mendefinisikan ilmu sebagai berikut :
1. ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum. (Nazir, 1988).
2. konsepsi ilmu pada dasarnya mencakup tiga hal, yaitu adanya rasionalitas, dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi (Shapere, 1974).
3. pengertian ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial (Schulz, 1962).
4. ilmu tidak hanya merupakan satu pengetahuan yang terhimpun secara sistematis, tetapi juga merupakan suatu metodologi.

Dari empat pengertian di atas dapatlah disimpulkan bahwa ilmu pada dasarnya adalah pengetahuan tentang sesuatu hal atau fenomena, baik yang menyangkut alam atau sosial (kehidupan masyarakat), yang diperoleh manusia melalui proses berfikir. Itu artinya bahwa setiap ilmu merupakan pengetahun tentang sesuatu yang menjadi objek kajian dari ilmu terkait."

Sedang Imam Syafi'i  mengatakan :
tidaklah mungkin ilmu bisa didapat tanpa enam (6) syarat :
1. Pencari ilmu harus mempunyai kecerdasan.
2. Pencari ilmu harus mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar.
3. Pencari ilmu harus mempunyai bekal.
4. Pencari ilmu harus mempunyai kesabaran.
5. Pencari ilmu harus mempunyai kesadaran bahwa berilmu membutuhkan waktu.
6. Pencari ilmu harus mempunyai guru/pembimbing

Cukup menarik memang kalau berbicara mengenai ilmu, karena merupakan bagian yang tak tertinggalkan didalam kehidupan kita kelak.
Semoga dengan ilmu yang bermanfaat dapat mengantarkan kita sebagai manusia yang bermanfaat dan kebaikan hidup dari hari-hari sebelumnya.

Tidak ada komentar untuk “ilmu”

Posting Komentar